RSS

Countervailing Duties

03 Okt

Countervailing Duties (CVD’s) adalah aksi penerapan pungutan tambahan terhadap produk impor dari suatu negara, sebagai dampak dari Beggar Thy Neighbour Policy.

Untuk mempermudah penjelasan tentang CVD’s ini, akan lebih baik jika kita menggunakan studi kasus. Masalah yang akan kita angkat kali ini adalah Perang Dagang yang terjadi antara China dan Amerika Serikat. Kali ini China yang menjadi korban.

Amerika Serikat tergolong pemasok utama ayam broiler ke China. Harga ayam broiler asal Amerika Serikat lebih murah dibandingkan dengan ayam broiler asal China sehingga warga China banyak yang lebih memilih untuk mengonsumsi ayam AS daripada ayam dalam negeri.

Pemerintah China penasaran dan curiga terkait dengan murahnya harga ayam broiler dari Amerika Serikat. Setelah ditelusuri, ternyata industri ayam AS telah melakukan dumping sehingga harga ayam AS menjadi lebih murah dari harga ayam China.

Dumping telah menyebabkan produsen ayam di China menjadi hancur, hal tersebut membuat kerusakan yang substansial di pasar China. Pemerintah China pun marah dan menganggap bahwa Amerika Serikat telah membuat kebijakan Beggar Thy Neighbour.

China tidak tinggal diam dan membalas dengan membuat peraturanbaru bahwa setiap ayam broiler yang diimpor dari Amerika Serikat akan dikenai pungutan tambahan. Pungutan tambahan tersebut bisa berupa Cukai, Pajak dan sebagainya. Pungutan itu dinamakan Countervailing Duties.

Pungutan itu berfungsi untuk menetralisir perdagangan agar kembali menjadi fair tanpa dumping, tanpa subsidi dan tanpa lainnya. CVD’s diatur dan dilegalka oleh WTO melalui GATT Article VI dan GATT Agreement on Subsidies and Countervailing Duties.

Besarnya CVD’s ditentukan oleh negara yang bersangkutan, namun sebelum dilaksanakan, negara tersebut harus melakukan penelitian dan memastikan bahwa negara lawan benar-benar bersalah. Penelitian bisa dilakukan secara mandiri, bisa pula melalui bantuan WTO. Kita tidak diijinkan untuk menerapkan Countervailing Duties tanpa melakukan penelitian terlebih dahulu karena hal tersebut dapat menjadi bumerang yang akan membuat negara kita justru dikenai hukuman berupa sanksi dari WTO dan negara lawan.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 3 Oktober 2010 in Tak Berkategori

 

Tag: , , ,

2 responses to “Countervailing Duties

    • Leejiaqi1987@gmail.com

      23 Mei 2011 at 11:24

      Terima kasih banyak Mas Ni’am, artikel anda sangat memberi pencerahan… semoga tuhan menambahkan pahala untuk anda…amiiin

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: