RSS

Kawasan Ekonomi Khusus

24 Jun

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) merupakan sebuah kawasan yang mendapat insentif peraturan ekonomi secara lebih bebas. Insentif ekonomi yang dimiliki oleh KEK lebih luas dibanding dengan yang diberikan kepada FTZ (Free Trade Zone). Ada beberapa kemudahan di dalam Kawasan Ekonomi Khusus, diantaranya adalah Pembebasan Bea Masuk, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn-BM), Cukai dan lainnya. Selain itu, KEK diberikan lima fasilitas fiscal, seperti:

  1. Impor Barang ke KEK mendapat penangguhan bea masuk, pembebasan cukai, dan tidak dipungut PPN serta PPn BM
  2. Penyerahan Barang dari daerah Pabean Indonesia lainnya ke KEK memperoleh fasilitas PPN dan PPn BM
  3. Mendapat fasilitas pajak daerah dan retribusi daerah
  4. Mendapat tambahan fasilitas PPh sesuai karakteristik zona
  5. Memperoleh pengurangan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Ketenagakerjaan menjadi salah satu perhatian dalam pengembangan KEK. Di semua KEK tidak akan ada pembatasan tenaga kerja asing yang bekerja. KEK harus mempersiapkan sarana dan prasarana serta infrastruktur untuk tenaga kerja, juga alur rekrutmen.

Indonesia saat ini telah memiliki 3 KEK yaitu Batam, Bintan dan Karimun. Pada tahun 2014, aka nada tambahan 5 KEK. Saat ini banyak daerah yang mengajukan diri untuk menjadi KEK. Dari 33 Provinsi di Indonesia, ada 23 Provinsi yang mengusulkan 48 kawasan KEK. Provinsi yang mengusulkan antara lain Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawsi Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Papua, Bengkulu, DKI Jakarta, Maluku dan Bangka Belitung.

Banyaknya Provinsi yang menugusulkan kawasan KEK disebabkan oleh dampak positif yang dihasilkan dari KEK seperti, memacu perekonomian daerah, mengundang investor, menyerap tenaga kerja dan mengurangi tingkat pengangguran. Sehingga secara tidak langsung akan berdampak pada pengurangan jumlah rakyat miskin dan masalah social lainnya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 24 Juni 2010 in Tak Berkategori

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: