RSS

Transformasi Internasional Vertikal dan Horisontal

22 Apr

Setelah mempelajari unsur-unsur konstitutif yang diperlukan bagi pembentukan suatu Negara dan berbagai bentuk Negara, marilah sekarang diteliti perkembangan yang terjadi dalam kehidupan Negara dan kaitannya dengan hokum inernasional. Semenjak berakhirnya perang dunia II, masyarakat internasional telah mengalami perubahan yang mendalam. Transformasi tersebut terjadi dalam dua bentuk, yaitu bersifat horisontal dan vertikal.

Yang dimaksud dengan transformasi horisontal adalah menjamurnya aktor-aktr baru sehingga komposisi masyarakat internasional sekarang tidak lagi bersifat homogen seperti di masa lalu. Sedangkan transformasi vertikal karena tampilnya bidang-bidang baru yang beraneka ragam dengan jumlah yang banyak sehingga telah memperluas ruang lingkuphukum internasional itu sendiri. Gabungan dari kedua transformasi ini telah menyebabkan pengertian terhadap hukum internasional dari peranannya menjadi lebih kompleks.

Fenomena yang sangat menonjol dalam kehidupan masyarakat internasional dalam bagian kedua abad ke-20, sebagaimana kita saksikan, adalah poliferasi negara-negara dengan jumlah sekitar 50 pada akhir perang dunia yang lalu menjadi 190 di akhir abad ke 20 yang berarti penambahan hampir empat kali lipat. Pertumbuhan yang sangat cepat tersebut terutama disebabkan derasnya arus dekolonisasi yang tela menghantarkan banyak daerah jajhan menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Poliferasi negara ini pada waktu yang sama juga ditandai dengan proses integrasi pollitik, ekonomi, dan teknologi di samping terjadinya pula fragmentasi politik di beberapa kawasan dunia.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 April 2010 in Tanpa Nama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: