RSS

Organisasi Internasional

22 Apr

Organisasi internasional atau organisasi antar pemerintah merupakan subjek hukum internasional setelah Negara. Negara-negaralah sebagai subjek asli hukum internasional yang mendirikan organisasi-organisasi internasional. Walaupun organisasi-organisasi ini baru lahir pada akhir abad ke-19, akan tetapi perkembangannya sangat cepat setelah berakhirnya perang dunia II, fenomena ini berkembang bukan saja pada tingkat universal tetapi juga pada tingkat regional.

Disamping perserikatan antar bangsa-bangsa (PBB) yang merupakan organisasi induk, terdapat 15 badan-badan khusus (specialized agencies) yaitu organisasi-organisasi bersifat universal beserta 7 badan-badan terkait lainnya. Di samping organisasi-organisasi internasional dalam kerangka PBB, berkembang pula organisasi-organisasi universal di luar kerangka organisasi dunia tersebut yang bersamaan pula dengan pesatnya pertumbuhan organisasi-organisasi regional.

Sekarang ini terdapat lebih dari 350 organisasi internasional aik yang bersifat universal, antar kontinen maupun organisasi tingkat regional. Bila dilihat dari jumlahnya, organisasi internasional ini lebih banyak dari negara dan kegiatannya praktis menyangkut segala mecam aspek maslah-masalah lingkungan, hak asai dan berbagai kerjasama teknik.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22 April 2010 in Tanpa Nama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: