RSS

perbedaan pengakuan negara dengan pengakuan pemerintah

21 Apr
  1. pengakuan negara ialah pengakuan terhadap suatu entitas baru yang telah mempunyai semua unsur konstitutif negara dan yang telah emnunjukan kemauannya untuk melaksanakan hak-hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat internasional.
  2. Pengakuan negara ini mengakibatkan pula pegakuan terhadap pemerintah negara yang diakui dan berisikan kesedian negara-negara yang mengakui untuk mengadakan hubungan dengan pemerintah yang baru itu.
  3. Pengakuan terhadap negara sekali diberikan tidak dapat ditarik kembali sedangkan pengakuan terhadap suatu pemerintah dapat dicabut sewaktu-waktu. Bila suatu pengakuan ditolak atau dicabut setelah terbentuknya suatu pemerintah baru, negara yang menolak atau mencabut pengakuan tersebt tidak lagi mempunyai hubungan resmi dengan negara tersebut. Bila suatu pengakuan ditolak atau dicabut maka personalitas internasional negara tersebut tidak berubah karena perubahan suatu pemerintah tidak mempengaruhi peronalitas internasional suatu negara.

Selanjutnya timbul pertanyaan apakah suatu pemerintah baru berhak untuk diakui apakah merupakan suatu kewajiban bagi negara-negara lain untk mengakui suatu pemerintah baru. Jawabannya adalah sebagai berikut;

  1. negara tidak mempunyai hak untuk diaku (legal right to be ecognized) dan juga tidak ada kewajiban hukum untuk mengakui (legal duty to recognize)
  2. pengakuan pemerintah seperti pengakuan Negara adalh soal kebijaksanaan (a matter of policy). Tiap-tiap negara bebas untuk mengakui atau tidak mengakui suatu pemerintah baru;
  3. memang ada usaha untuk menetapkan syarat-syarat pengakuan pemerintah yait stabilitas, keamanan, kesanggupan pemerintah baru untuk melaksanakan kewjiban-kewajiban internasionalnya tetapi dalam prakteknya sering menyimpang. Ini juga merupakan bukti bahwa pengakuan merupakan suatu kebijaksanaan politik.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 April 2010 in Tanpa Nama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: