RSS

pengakuan secara diam-diam

21 Apr

Pengakuan implisit ini terjadi bila suatu Negara mengadakan hubungan dengan pemerintah atau Negara baru dengan mengirimkan seorang wakil diplomatic, mengadakan pembicaraan dengan pejabat-pejabat resmi ataupun kepala Negara setempat, membuat persetujuan dengan Negara tersebut. Namun dalam semua keadaan ini harus ada indikasi yang nyata untuk mengakui pemerintah atau Negara baru. Demikian halnya dengan hubungan amerika serikat dan cina.

Walaupun amerika serikat secara resmi tidak mengakui RRc tetapi semenjak tahun 1955 negara tersebut telah mengadakan perundingan-perundingan tingkat duta besar di jenewa, warsawa dan perancis, dan yang diikuti dengan pembukaan kantor-kantor penghubung di kedua akhir mei 1973. dapatlah dikatakan bahwa perundingan-perundingan dan pembukaan kantor penghubung tersebut ditambahlah dengan kunjungan resmi presiden nixon de peking tahun 1971 merupakan pengakuan timbal balik secara dian-diam walaupun tidak adanya pengakuan secara resmi.

Dalam hubungan internasional, kontak-kontak dua negara apalagi perundingan-perundingan tingkat duta besar tidak mungkin terjadi kalau satu sama lain tidak saling mengakui eksistensi negara masing-masing walaupun secara diam-diam kunjungan perdana menteri israel shimon peres ke maroko tanggal 21 juli 1986 dan pembicaraan-pembicaraan yang dilakukannya dengan raja hassan II untuk mencari penyelesaian atas timur tengah dapatlah dianggap sebagai pengakuan secara diam-diam antar kedua negara. Walaupun tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan israel, vatikan sering mengadakan hubungan dengan negara tersebut pada tingkat duta besar. Akhirnya vatikan secara resmi mengakui israel pada tanggal 30 desember 1993.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 April 2010 in Tanpa Nama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: