RSS

negara tak dianggap

21 Apr

Negara israel yang lahir tanggal 14 mei 1948 sampai sekarang masih tetap tidak diakui oleh Negara-negara arab, kecuali dua Negara yang telah membuat perjanjian perdamaian dengan Negara tersebut yaitu mesir pada bulan maret 1979 dan yordania pada bulan oktober 1994. Negara-negara berpenduduk selain non-arab lainnya juga tidak mempunyai hubungan dengan Israel. Walaupun israel telah menjadi anggota PBB semenjak tanggal 11 mei 1949, keanggotaannya sama sekali tidak mengubah sekelompok negara-negara tersebut diatas sampai dicapainya penyelesaian secara menyeluruh sengketa timur tengah dengan mengakui hak rakyat palestina untuk mendirikan negaranya sendiri di wilayah palestina.

Juga atas pertimbangan politik, amerika serikat menolak mengakui RRC sampai akhir tahun 1978. dalam sebuah memorandum tertanggal 11 agustus 1958 untuk perwakilan-perwakilannya di luar negeri, amerika serikat antara lain menegaskan bahwa pengakuan terhadap RRC tidak menguntungkan amerika serikat dan dunia bebas secara keseluruhan dan hanya mendorong negara tersebut untuk meluaskan dominasi komunis ke seluruh asia. Pengakuan amerika serikat terhadap RRC baru dilaksanakan secara resmi melalui suatu joint communique tanggal 1 januari 1979 yang sekaligus menarik pengakuan resminya terhadap taiwan.

Dari kedua contoh diatas nyatalah bahwa pengakuan adalah suatu kebijaksanaan politik. Suatu negara atau kelompok negara mengakui atau tidak mengakui suatu negara lain semata-mata didasarkan atas pertimmbangan politik dari negara dan kelompok negara yang bersangkutan. Mengenai pengakuan terhadap negara baru, sikap amerika serikat cukup jelas dengan menyatakan bahwa in the view of the united states, international law does not require a state to reconize another entity as state; it is a matter for judgement of ech state wther an entity merits recognition as a state.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 April 2010 in Tanpa Nama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: