RSS

doktrin tobar

21 Apr

Dr. tobar, menteri luar negeri equador dalam suatu pernyataan tanggal 15 maret 1907 meletakka prinsip bahwa suatu negara harus berusaha untuk tidak mengakui suatu pemerintah asing bila pembentukan pemerintah terebut didasarkan pada kudeta militer atau pemberontakan. Sebelum diakui, paling tidak pemerintah tersebut harus disahkan dulu secara konstitusional. Karena itu, doktrin Tobar tersebut dinamakan juga doktrin legimisi konstitusional.

Doktrin ini timbul sebagai reaksi dari agitasi-agitasi revolusioner di amerika latin yang menyebabkan saling bergantinya pemerintah melalui kudeta. Doktrin ini juga sesuai dengan doktrin wilson karena presiden wilson semenjak tahun1913 melaksanakan dotrine of non-recognition of ggonvernment set up by forcein any of the fivein any of the live cebtral American republics.

Doktrin ini terdapat dalam dua instrument yuridik yaitu:

  1. konvensi washington antara 5 republik amerika  tengah (costa rica, guatemala, honduras, nicaragua, dan salvador) tahun 1907 untuk 10 tahun, tetapi tidak diperpanjang sesudah tahun 1917.
  2. konvensi wahington tanggal 7 pebruari 1923 antara negara-negara yang sama untuk 10 tahun tetapi juga tidak diperbaharui.

Dalam prakteknya doktrin ini tidak dilaksanakan oleh negara-negara eropa seperti perancis, inggris dan belgia yang tetap mengakui pemerintahan jenderal martinez di salvador melalui kudeta tahun 1931. juga tidak dilaksanakan oleh negara-negara amerika latin yang mengakui pemerintahan jenderal franco beberapa bulan setelah meletusnya perang saudara di spanyol pada bulan agustus 1936. hanya amerika serikat yang melaksanakan doktrin ini dengan menolak mengaki pemerintahan jenderal huerta di mexico tahun 1913-1914 dan pemerintahan revoluioner jenderal tinoco di costa rica tahun 1917-1920. karena macet dalam pelaksanaannya, akhirnya konvensi-konvensi diatas diperbaharui karena merupakan penghalang dalam hubungan internasional.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 April 2010 in Tanpa Nama

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: