RSS

isolasi internasional terhadap vietnam

24 Jun

invasi vietnam ke kamboja berlangsung cepat tetapi hasilnya diluar harapan para pemimpin negara komunis tersebut. prestasi selaku negara kecil yang mampu mengalahkan amerika tidak memberinya legitimasi internasional untuk melakukan perluasan wilayah secara tidak sah. china bereaksi keras t6erhadap apa yang disebut para pemimpin china sebagai perluasan hegemoni wilayah dibawah dukungan uni soviet. untuk mendukung reaksinya tahun 1979 china memutuskan untuk memberi “pelajaran” kepada vietnam dengan melakukan serbuan ke kawasan utara vietnam.

reaksi militer china memang tidak berhasil menggertak vietnam sehingga setelah berjalan tiga minggu china akhirnya menarik kembali pasukannya. namun china tidak berhenti menekan vietnam melalui dukungan militer yang diberikannya kepada tentara khmer merah yang mengungsi di wilayah pinggiran barat dan utara kamboja. sementara itu negara-negara barat juga solid yang diwakili oleh kehadiran menteri luar negeri amerika dalam pertemuan tahunan asean sejak 1979. demikian pula sebagian besar negara berkembang juga sepakat untuk menolak melakukan kerjasama dengan vietnam.

PBB melalui sidang umum PBB tahunan menolak mengakui keberadaan pmerintahan RRK yang didukung vietnam. PBB secara resmi masih mendukung pemerintahan demokrasi kamboja yang telah teguling. dalam konteks ini, dalam pertemuan-pertemuan tahunan sidang umum PBB sikap asean yang menentang sikap invasi vietnam juga mendapat dukungan mayoritas anggota PBB. perubahan sikap PBB berlangsung setelah kelompok perlawanan yang tergabung dalam coalition gonvernment of democratic gonvernment (CDGK) terbentuk pada 1982. sidang-sidang tahunan PBB dengan cepat mengakui eksistensi CDGK.

invasi vietnam ke kamboja memang benar-benar mengisolir vietnam dari dunia internasional. hanya uni soviet dan negara-negara bonekanya serta india masih mendukung pemerintahan kamboja yang didukung vietnam. negara-negara inilah yang memelihara garis-garis kehidupan vietnam hingga gorbachev mengubah hubungan uni soviet-vietnam.

Kompetisi Website Kompas MuDa – KFC disini

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 24 Juni 2009 in Tak Berkategori

 

Tag:

2 responses to “isolasi internasional terhadap vietnam

  1. dania

    29 November 2010 at 15:30

    halo, mas niam. tulisan anda diatas sudah cukup baik. boleh saya tebak sumber data anda? pasti dari : Cipto, B, Hubungan Internasional di Asia Tenggara, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2007. karena saya menemukan banyak sekali (kalau tidak semuanya) kalimat-kalimat yang sama persis dengan buku tersebut. mungkin di postingan berikutnya anda bisa mengubah gaya copy paste tersebut atau mencantumkan sumber bacaan anda. terima kasih banyak sebelumnya, maaf jika tidak berkenan.

    Cheers🙂

     
    • mas niam

      29 November 2010 at 16:09

      yups… betul..
      ini memang bukan tulisan saya… saya ambil semuanya dari buku…
      tujuannya sekedar berbagi saja, untuk mempermudah teman-teman yang membutuhkan..
      hehe

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: