RSS

konferensi WTO tahun 2003

21 Jun

konferensi tingkat menteri, cancun, september 2003

konferensi tingkat menteri di cancun semula dimaksudkan untuk menghasilkan kerangka kerja yang lebih rinci menyangkut isu-isu yang tengah dinegosiasikan dan menghasilkan modalitas pembahasan isu-isu singapura (investasi, kompetisi, fasilitasi perdagangan dan transparasi dalam pembelian kebutuhan/ barang pemerintah). KTM cancun dianggap gagal dalam mencapai tujuan yang diharapkan mengingat tidak ada satu kesepakatan pun yang dihasilkan baik menyangkut isu seingapura maupun sejumlah isu sulit lainnya.

mengatasi kegagalan tersebut, diselenggarakan pertemuan dewan umum di genewa yang dihadiri pejabat setingkat menteri dari negara-negara yang memegang peranan penting dalam sistem perdagangan WTO. pertemuan tersebut menghasilkan program kerja Doha (Doha Work Programme) yang diadopsi tanggal 1 agustus 2004. dalam program kerja tersebut berhasil disepakati kerangka kerja untuk menyususn modalitas di sektor pertaniandan akses pasar untuk produk non pertanian/ non agriculture market access (NAMA), serta menghasilkan konsensus untuk memulai perundingan fasilitasi perdagangan.

kerangka kerja untuk pertanian antara lain mengharapkan dilakukannya pemotongan bantuan domestik (domestic support) sebesar 20% dan menghapuskan subsidi ekspor jangka panjang tertentu. terkait dengan isu singapura, fasilitasi perdagangan akan terus dinegosiasikan dalam kerangka negosiasi DDA sementara isu lainnya yakni investasi, kompetisi dan transarasi pembelian barang kebutuhan pemerintah tidak akan dibahas dalam perundingan DDA.

Kompetisi Website Kompas MuDa – KFC disini

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Juni 2009 in Tak Berkategori

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: