RSS

hukum pidana internasional

19 Jun

istilah hukum pidana internasional (international criminal law) merupakan istilah yang relatif baru bagi sebagian ahli hukum di Indonesia. hal ini disebabkan karena dalam kurikulum pendidikan tinggi hukum Indonesia, terutama pada masa kurikulum lama (non-SKS), tidak pernah ada mata kuliah yang bernama hukum pidana internasional. yang ada hanyalah mata kuliah hukum pidana sebagai pengantar dengan nama-nama seperti, asas-asas hukum pidana, dasar-dasar hukum pidana, hukum pidana I, hukum pidana II, serta mata kuliah yang merupakan pengkhususan dari hukum pidana tersebut, seperti hukum pidana adat, hukum pidana ekonomi, tindak pidana korupsi, dan lain-lain mata kuliah yang serumpun.

demikian pula dalam bidang hukum internasional, hanya ada mata kuliah pengantar hukum internasional, asas-asas hukum internasional, atau hukum internasional saja (tanpa ada sebutan awal, seperti pengantar atau asas-asas) dan cabang-cabang dari hukum internasional itu sendiri, seperti hukum organisasi internasional, hukum perjanjian internasional, hukum humaniter internasional, hukum ekonomi internasional, hukum angkasa, hukum laut, dan lain sebagainya. demikian juga dalam praktek sehari-hari dalam dunia hukum, hampir tidak pernah terdengar nama hukum pidana internasional.

yang lebih sering terdengar adalah istilah kjejahatan, atau tindak pidana internasional, kejahatan atai tindak pidana nasional yang berdimensi internasional. istilah-istilah inipun bagi sebagian orang hanya dikenal namanya saja, tanpa memahami substansinya. hal ini disebabkan karena dalam kehidupan sehari-hari, mereka yang bergerak dalam bidang praktek penegakan hukum seringkali berhadapan dengan kejahatan semacam ini, tanpa disertai dengan pemahaman yang jelas tentang pengertian, substansi dan ruang lingkup dari masalah-masalah tersebut.

barulah belakangan ini di kalangan para ahli hukum di Indonesia diperkenalkan hukum pidana internasional. ini oleh mereka yang menaruh minat dan perhatian untuk mendalaminya, meskipun di kalangan para ahli hukum di negara maju, istilah hukum pidana internasional (international criminal law) jauh sebelumnya sudah dikenal luas. di negara-negara maju seperti amerika serikat, kanada, dan negara-negara di benua eropa, tentang hukum pidana internasional (international criminal law) bukanlah merupakan bidang atau cabang hukum yang asing bagi para ahli hukumnya.

sesuai dengan pelbagai macam nama kejahatan yang menjadi objeknya, seperti telah dikemukakan diatas, istilah yang digunakan untuk hukum pidana internasional ini pun ada beberapa macam. selain istilah hukum pidana internasional, adapula yang menggunakan istilah hukum pidana transnasional, dan hukum pidana nasional yang berdimensi internasional. istilah-istilah inipun digunakan sesuai dengan persepsi dari masing-masing orang yang bersangkutan dengan obyeknya, yakni, kejahatan, atau tindak pidana tersebut.

oleh karena itu, tidaklah mengherankan, jika istilah-istilah tersebut digunakan tanpa disertai pemahaman tentang substansi dan ruang lingkupnya masing-masing. namun diantara beberapa istilah itu, yang paling banyak digunakan para ahli hukum adalah istilah hukum pidana internasional. dalam hubungan ini akan dicoba untuk ditelaah secara lebih mendalam tentang pengertian, substansi, dan ruang lingkup hukum pidana internasional itu sendiri. sudah tentu penelaah inipun masih mengandung kekurangan atau kelemahan yang masih terbuka untuk diperdebatkan.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 19 Juni 2009 in Tak Berkategori

 

Tag:

2 responses to “hukum pidana internasional

  1. sry

    8 April 2010 at 09:11

    muuuuaaaaaaaaaaaaaaaaaaakaassih buanget atas blognya,,, memudahkan kita download tugas sekolah……………
    eksis trussssssssssssss

     
    • kakniam

      21 April 2010 at 11:16

      sama-sama…
      semoga membantu…

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: