RSS

lahirnya suatu negara

04 Mei

dalam tinjauan mengenai pengakuan suatu negara, tentu saja penelitian terhadap negara adalah mutlak karena peranannya sebagai pelaku utama hukum internasional. pertanyaan pertama yang timbul dari segi hukum ialah apakah lahirnya suatu negara merupakan peristiwa hukum atau peristiwa ekstra yuridik.

terhadap persoalan ini nterdapat 2 opini:

opini pertama

opini ini dipelopori oleh tokoh-tokoh hukum internasional terkemuka seperti jellinek, cavaglieri, dan strupp yang menyatakan bahwa lahirnya suatu  negara hanyalah merupakan suatu peristiwa fakta yang sama sekaliu lepas dari ketentuan-ketentuan hukumn internasional. formulasi yang dikemukakan para tokoh tersebut berbeda yaitu ada yang menyatakan kelahiran tersebut sebagai fakta politis, historis, sosiologis, ante yuridik, atau meta yuridik.

opini kedua

opini tersebut ditolak oleh kelompok austria yang dipelopori oleh kelsen dan verdross yang menyatakan bahwa lahirnya suatu negara adalah suatu proses hukum yang diatur oleh ketentuan-ketentuan hukum internasional.

antara kedua opini tersebut diatas kiranya yang lebih tepat ialah opini pertama yang menyatakan bahwa kelahiran negara bukan merupakan peristiwa hukum. tidak mungkin hukum internasional mengatur lahirnya suatu negara karena hukum tersebut lahir atau ada atau lahir setelah adanya negara-negara. negara-negara merdekalah yang merumuskan hukum internasional dan kepada negara-negara tersebut pulalah hukum tersebut berlaku. bagi negara-negara yang belum merdeka yang masih dibawah kekuasaan asing tentu saja hukum internasional belum dapat diberlakukan. jadi lahirnya suatu negara tidak mungkin diatur oleh ketentuan-ketentuan hukum internasional dan karena itu kelahiran tersebut tidak dapat dikatakan suatu proses hukum.

selanjutnya bila lahirnya suatu negara hanya merupakan suatu peristiwa fakta, maka timbul akibat penting yaitu:

  1. tidak mungkin menolak lahirnya suatu negara dengan memakai alasan hukum;
  2. lahirnya suatu negara bebas dari pengakuan, dalam hal ini pengakuan tidak ikut campur dalam pembentukan negara.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Mei 2009 in Tak Berkategori

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: