RSS

diplomasi atau diplomatik

28 Apr

Istilah diploma berasal dari bahasa yunani yang dapat diartikan sebagai surat kepercayaan. Perkataan diplomat kemudian menjelma menjadi istilah diplomat, diplomasidan diplomatik.

Pada masa jayanya kerajaan romawi di eropa dan afrika utara, untuk eperluan tentaranya, telah membangun jalan-jalan untuk mengamankan daerah-daerah kekuasaannya. Jalan-jalan tersebut sangat penting tidak hanya untuk kepentingan militer, tetapi juga diperlukan untuk pedagang pada masa itu. Pemerintah romawi kemudian mengizinkan juga para pedagang tersebut untuk melintasi jalan-jalan yang mereka buat asal menggunakan surat yang telah disediakan untuk itu. Srat yang dikeluarkan pemerintah kerajaan romawi itu disebut diploma.

Demikianlah para pedagang itu melintasi jalan-jalan melalui pos-pos tentara dengan membawa diploma. Diploma yang berbentuk metal (logam tipis) bundar yang diberi cap dan disebutkan keahlian/kepndaian serta bakat orang yang membawanya, dan orang yang membawa diploma itu disebut diplomat. Kemudian diploma yang berbentuk logam tipis itu diganti dan disempurnakan menjadi passport (to past a port=izin untuk melintasi portal), untuk mencegah kepalsan keterangan yang tercantum dalam diploma (passport) itu, diadakanlah kantor-kantor perwakilan (disebut res diplomatic) untuk memeriksa apakah paspor itu benar asli atau palsu. Kantor perwakilan itu dewasa ini lebih populer dikenal dengan nama kedutaaan (embassy).

Dari uraian diatas dapat ditegaskan bahwa diplomat sudah lama sekali digunakan sejak masa jayanya kerajaan romawi di eropa dan afrika utara beberapa abad yang lalu. Sarana komunikasi pejabat negara termasuk kepala negara mengadakan hubungan dengan melangsungkan perundingan. para petugas di bidang diplomasi berusaha menjaga hubungan baik diantara kepala negara, melindungi kepentingan negara dan warganya, dengan sopan santun, baik dalam tutur kata, maupun tindakan, kalau perlu dengan kelicikan.

Seorang diplomat memerlukan pengetahuan yang cukup agar dapat mensukseskan beban yang dipikulkan kepadanya. Pengetahuan tersebut antara lain pengetahuan tenang kebiasaan serta konvensi-konvensi internasional tentang hubungan diplomatik, memahami titik-titik lemah dari lawan berunding, serta menyadari perbandingan kedudukan negarana dengan negara asing itu. Selain itu, diperlukan juga pengetahuan dalam menjaga nama baik negaranya, dan memerjuangkan kepentingan warganya, serta memelihara hubungan baik antar sesama anggota masyarakat internasional, terutama dengan negara-negara tetangga, sesuai dengan politik luar negeri yang dipegang teguh oleh menteri luar negeri.

Jika ada hal-hal yang penting, negara mengirimkan delegasinya untuk menyelesaikan hal itu. Dia mendapat mandat yang cukup dari kepala negaranya supaya dapat langsung melakukan kunjungan pada instansi tertinggi negara penerima. Kepintaran seorang diplomat akan banyak mempengaruhi kelancaran perundingan yang diadakan.

Sifat keangkuhan dan kurang teliti seorang diplomat dapat merugikan negaranya saja. Sebaliknya, dengan memperlihatkan kesediaan untuk mengulur, tetap dalam mempertahankan prinsip, mempergunakan kata-kata siasat yang sopan dan menyenangkan lawan berunding, akan banyak memberikan bantuan untuk memperoleh hasil yang memuasakan. Kata-kata yang kaku diiringi gertakan karena negaanya besar dan kuat tidak akan menimbulkan hubungan harmonis. Kegagalan di bidang diplomasi akan dapat menimbulkan ketegangan, bisa disusul oleh onflik antar negara.

Perkembangan diplomasi telah membawa perubahan dalam pratik hubungan internasioanl. Diplomasi dalam sejarahnya bersifat rahasia. Hanya negara yang bersangkutan saja yang boleh mengetahuinya. Namun, pada akhirnya telah timbul keinginan untuk tidak lagi merahasiakan isi perundingan. Masyarakat dunia lebih condong kepada diplomatic control. Di ingrris usaha ke arah ini dipimpin oleh kaum sosialis.

Dalam empat belas usul yang dikemukakan presien wilson dalam draf artikel perdamaian dunia pada tahun 1918, termasuk salah satu diantaranya yaitu perundingan dalam rangka membuat perjanjian perdamaian dinyatakan terbuka untuk umum dan dihapuskan diplomasi rahasia. Sebagai hasil akhir atas upaya presiden wilson tersebut dicantumkan dalam naskah perjanjian perdamaian versailles bahwa setiap perjanjian hendaklah didaftarkan pada sekretariat LBB, dan terakhir ketentuan ini tertuang pada piagam PBB.

Pada umumnya negara-negara yang bersahabat saling mempunyai kepentingan dan keinginan untuk meningkatkan hubungan yang lebih baik. Untuk itu perlu diangkat petugas khuss sebagai wakilnya. Bukan saja selaku penghubung, ia juga akan membela kepentingan negara dan warganya di negara dimana dia ditempatkan/ petugas luar negeri dimaksud sudah berada langsung dibawah kementrian luar negeri, yang dapat dibagi menurut tugasnya,

  1. Pertama, misis diplomatik yang membidangi kepentingn umum dan luas, seperti kegiatan politik; yang dikepalai oleh ambassador.
  2. Kedua, perwailan konsuler, yang mengurus semua kepentingan negara pengirim di negara penerima yang menyangkut bidang komersial, perkapalan, dan melayani kepentingan warga negaranya di luar negeri (yang bersifat keperdataan) yang tidak termsuk dalam kategori kepentingan politik.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 28 April 2009 in Tak Berkategori

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: