RSS

organisasi internasional

17 Apr

istilah organisasi internasional dalam pengertian umumnya, menunjukkan pada suatu persekutuan ataupun organisasi, baik yang dibentuk oleh negara-negara maupun yang didirikan oleh pihak-pihak swasta antar bangsa. yang dimaksud dengan organisasi internasional dalam hal ini adalah organisasi-organisasi yang dibentuk oleh negara-negara, atau yang para pesertanya adalah negara. ada yang bersifat universal, yaitu meliputi seluruh negara yang ada di dunia ini. tetapi ada juga yang bersifat regional, yaitu hanya terbatas pada negara-negara yang berada dalam suatu wilayah atau kawasan tertentu saja.

organisasi internasional yang bersifat universal adalah seperti united nations (UN) atau perserikatan bangsa-bangsa (PBB).

united nations, perserikatan bangsa-bangsa, walaupun masih meiliki kekurangan -kekurangan didalamnya, tetapi ia merupakan satu-satunya organisasi dimana selalu setiap anggotanya masih menggantungkan harapannya bagi dunia yang damai dan lebih aman, namun juga dengan berbagai dalih dijadikan ajang “tempat menggantungkan” pembenaran sikap oleh setiap negara. selain dari itu, perserikatan bangsa-bangsa (pbb) juga merupakan sarana yang tiada duanya bagi latihan keterampilan para diplomat, walaupun tidak jarang pula hanya dijadikan mimbar dan forum perlombaan kemahiran pidato oleh para negarawan atau oleh mereka yang secara kebetulan mendapat predikat sebagai negarawan.

orgnisasi internasional yang dibentuk setelah usainya perang dunia pertama 1919 adalah league of nations, liga bangsa-bangsa. di indonesia lebih dikenal dengan nama bahasa belandanya volkenbond.

league of nations, liga bangsa-bangsa, adalah lembaga universal pendahulu PBB, kiranya ada manfaatnya jika diuraikan secara seperlunya. begitu pula dengan organisasi buruh internasional, ILO, International Labour Organization. selain karena eksistensinya cukup unik, yaitu tidak terkubur bersama organisasi induknya volken bond, tetapi telah menjadi bagian integral dari organisasi PBB. ILO masih memiliki peranan yang berarti sampai saat ini dalam masalah yang menyangkut perburuhan internasional.

dalam pada itu, organisasi yang bersifat regional tidaklah hanya sebuah tetapi cukup banyak, seperti NATO, north atlantic treaty organization, yang didirikan pada tahun 1949, liga arab pada tahun 1945, ASEAN,  association of south east asian nation, pada tahun 1967, dan lain-lainnya lagi.

piagam PBB pasal 52 mengakui hak para anggotanya untuk mengadakan persekutuan-persekutuan yang bersifat regional guna mengusahakan hal-hal yang berhubungan dengan semua upaya untuk menciptakan keamanan serta menegakkan perdamaian sesuai dengan dasar dan tujuan PBB. negara-negara peserta bpersekutuan, diwajibkan untuk menyelesaikan persoalan diantara mereka melalui organisasinya yang bersangkutan sebelumnya persoalannya disampaikan kepada PBB. dewan keamanan pun setiap waktu harus diberitahu mengenai tindakan-tindakan yang telah diambil atau yang sedang dipertimbangkan. tetapi persekutuan regional tidak dibenarkan mengambil tindakan paksaan sebelum ada persetujuan dari dewan keamanan PBB, terkecuali terhadap bekas negara-negara musuh.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 April 2009 in Tak Berkategori

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: