RSS

Pengangkatan staf perwakilan

15 Apr

Sesuai pasal 7 konvensi, Negara pengirim dapat dengan bebas mengangkat anggota-anggota staf perwakilan. Ketentuan pasal 7 ini merupakan penekanan terhadap prinsip umum bahwa pengangkatan staf perwakilan kecuali duta besar tidak memerlukan persetujuan negara penerima.

Mengenai atase-atase pertahanan, permintaan persetujuan kepada negara penerima tidak mutlak. Istilah yang dipakai adalah may require dan terserah bagi praktik negara penerima. Kalau negara penerima menganggap perlu agar nama-nama atase militer diberikan terlebih dahulu untuk mendapatkan persetujuan, negara tersebut dapat melakukannya. Kalau tidak, suatu negara dapat mengirimkan atase-atase militer tanpa minta persetujuan negara setempat. Inggris menolak praktik permintaan persetujuan ini sedangkan mesir misalnya, meminta dulu nama atase pertahanan atau atase militer untuk mendapatkan persetujuannya.

Disamping itu, semenjak tahun 1979, penunjukkan diplomat libya sebagai people’s beureau oleh pemerintahnya, menimbulkan kesulitan di washington dan negara-negara lain, dalam menempatkan pegawai bureau pada kategori yang tepat sebagai staf perwakilan. Kutipan nota dari state departement AS kepada peolple’s beureau pada tanggal 15 mei 1980 antara lain:

Sekretaris dari peoples committee akan diperlukan setingkat dengan kepala sebuah misi diplomatik; anggota dari peoples committee akan diperlakukan setingkat dengan anggota staf diplomatik dari sebuah misi diplomatik; dan anggota lain dari people’s beureau akan diperlakukan setingkat dengan anggota staf administrasi dan teknik atau staf service dari sebuah misi diplomatik, sesuai dengan misi mereka yang tepat.

Sementara people’s bureau tetap bersikeras bahwa mereka bukan sebuah misi diplomatik dan pegawainya bukan diplomat, menyetujui secara informal bahwa state departement membuat ketentuan ini untuk priviliges, immunities, dan protection. Demikian pula inggris membuat pengaturan yang sama sesuai dengan nota diplomatiknya tertanggal 12 juni 1980 yang ditujukan kepada foreign liaison bureau di tripoli.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 April 2009 in Tak Berkategori

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: