RSS

asean paska kemenangan vietnam utara

13 Apr

Kemenangan komunis Vietnam utara tahun 1975 mendorong asean untuk menyatukan pendapat tentang bagaimana menghadapi perkembangan baru di indocina. Pertemuan puncak asean pertama di bali 1976 dua dokumen penting dihasilkan.

  • Pertama,deklarasi asean concord yang berisi kesepakatan asean untuk menciptakan solidaritas politik dan bila perlu melakukan tindakan bersama.
  • Kedua, kesepakatan tentang treaty of amity and cooperation.

Prinsip-prisip dasar yang terkandung didalamnya diharapkan supaya asean menghimbau negara-negara indochina agar menyesuaikan diri dengan kesepakatan asean.

Pemerintah Hanoi pada mulanya bersikap keras terhadap asean dan menuduh asean tidak lebih dai boneka amerika di asia tenggara. Tanggapan ini wajar mengingat dua negara anggota asean yang sangat dekat dengan amerika, yakni, thailand, dan philipina. Oleh karena itu, paska pertemuan puncak asean tahun 1976, vietnam hanya bersedia membuka hubungan bilateral dengan negara-negara asean. Tahun 1977 terjadi perubahan arah politik luar negeri vietnam terhadap asean. Perdana menteri vietnam phnam van dong melakukan kunjungan persahabatan ke kawasan asean sebagai upaya untuk memperbaiki hubungan yang sebelumnya diliputi dengan rasa saling bermusuhan. Asean sangat berharap bahwa vietnam berubah pikiran dan bersedia menjadi bagian dari asean. Namun, harapan ini tidak bertahan lama karena dalam tahun berikutnya vietnam menginvasi kamboja.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 April 2009 in Tak Berkategori

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: