RSS

Karakteristik politik luar negeri

04 Apr

Dalam setiap periode kepemimpinan mulai dari presiden soekarno hingga susilo bambang yudhoyono, terdapat variasi mengenai faktor-faktor domestik yang paling menonjol pada saat itu. Misalkan saja semasa kepemimpinan presiden soeharto (1966-1998), faktor domestik yang dapat memengaruhi politik luar negeri indonesia lebih fokus pada kondisi ekonomi dan kepemimpinan politik atau persepsi elit. Karena soeharto mewarisi kebobrokan ekonomi di masa soekarno, maka politik luar negeri yang dijalankan lebih pragmatis dengan memfokuskan pada pembiayaan pembangunan nasional dari bantuan asing. Selain itu kepemimpinan soeharto di hadapan negara-negara ASEAN sangat diperhatikan dan dihormati. Sementara di era presiden susilo bambang yudhoyono, sifat dari tatanan politik dalam negeri sudah sangat berbeda. Proses demokrasi yang terus digulirkan menjadi salah satu faktor domestik yang penting dalam perumusan dan pelaksanaan politik luar negeri indonesia. Hampir serupa dengan yang terjadi pada orde baru, saat ini citra indonesia di mata internasional cukup positif. Hal ini diantaranya didukung oleh aktivitas diplomasi presiden yang intens dan inisiatif-inisiatif segar yang kerap muncul dalam mengatasi persoalan regional dan dunia. Indonesia, antara lain menggagas ide mengenai ASEAN community, asian african cooperation, new asia africa partnership dan lain sebagainya.

Dengan demikian, atas dasar uraian diatas, dapat terlihat bahwa karakteristik politik luar negeri Indonesia senantiasa mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan tersebut lebih banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor domestik ketimbang fator internasional, termasuk dalam hal isu-isu berkembang. Karakteristik yang tidak berubah terlihat dalam prinsip bebas aktif dalam landasan-landasan yang masih diyakini hingga saat ini. Selain itu, kemampuan kepala negara dalam hal ini presiden dalam berdiplomasi dan bernegosiasi dengan negara lain, juga masih menjadi karakteristik yang tidak berubah dalam politik luar negeri indonesia.

Setiap periode pemerintahan mulai dari soekarno hingga presiden susilo bambang yudhoyono memiliki persamaan dan perbedaan dalam politik luar negerinya. Dalam tataran formal, mereka memiliki persamaan dalam hal prinsip yang dianut dalam politik luar negerinya. Namun demikian, mereka juga memiliki perbedaan dalam hal landasan operasionalnya.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 4 April 2009 in Tak Berkategori

 

Tag:

One response to “Karakteristik politik luar negeri

  1. fia

    14 Oktober 2011 at 16:10

    trimakasih utk tulisan yg sangat bermanfaat ini..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: