RSS

pembentukan ASEAN

30 Mar

ASEAN berdiri tahun 1967 ditengah situasi regional dan internasional yang sedang berubah. pada awal pembentukan ASEAN hanya terdiri dari lima negara – indonesia, malaysia, thailand, singapura, dan philipina. walaupun masing-masing negara anggota berbeda satu sama lain dalam hal bahasa, budaya, agama, geografi, etnisitas, dan pengalaman sejarah, hubungan antar anggota secara bertahap menumbuhkan rasa kebersamaan.ASEAN tidak terbentuk dalam sebuah rangka kosong, sebaliknya, ia telah didahului dengan berbagai upaya pembentukan organisasi regional yang terbatas ruang lingkup dan anggotanya. pembentukan awal dimulai tahun 1961 dengan dibentuknya association of southest asia (ASA). tetapi konflik yang pecah antara philipina dan malaysia pada tahun tersebut menghancurkan upaya awal tersebut. maphilindo kemudian muncul menggantikan ASA yang merupakan kerjasama antara malaysiua, philipina, dan indonesia, tetapi percobaan kedua ini berakhir dengan politik konfrontasi yang dilancarkan soekarno. sementara itu konflik antara negara berpenduduk melayu (indonesia dan malaysia) dan negara berpenduduk mayoritas cina (singapura) juga pecah sebagai akibat dari pengorbanan awal sebelum terbenbtuknya organisasi regional yang lebih solid seperti ASEAN.

politik konfrontasi merupakan salah satu konflik awal yang menyertai perjalanan pertumbuhan hubungan internasional di asia tenggara. konflik ini mencerminkan kondisi psikologis soekarno sebagai pemimpin revolusi yang memimpikan sebuah negara besar yang meliputi indonesia, irian barat, dan malaysia. sukses soekarno memasukkan irian barat ke dalam negara kesatuan republik indonesia (NKRI) menambah easa percaya dirinya untuk mencaplok malaysia (bekas jajahan inggris). kelak ambisi teritorial ini hanya akan melelahkan dirinya dan menutup kemampuan dirinya selaku pengelola negara yang dituntut menciptakan kesejahteraan bagi rakyatnya. ada beberapa sebab mengapa soekarno melancarkan politik luar negeri yang menyebabkan ketegangan hubungan dengan malaysia tersebut.

pertama, soekarno curiga bahwa pembentukan malaysia merupakan kelanjutan pemerintahan kolonial inggris di kawasan asia tenggara. kecurigaan ini mencerminkan keterbatasan pemahaman soekarno tentang seni memerintah sebuah negara yang merdeka dan berdaulat.

kedua, kondisi dalam negeri barangkali lebih dapat menjelaskan kegarangan sukarno terhadap malaysia. perekonomian dalam negeri pada era itu waktu benar-benar sangat memprihatinkan. menjelang pemberontakan PKI tahun 1965 kehidupan rakyat indonesia bisa dikatakan ketinggalan jauh dibanding negara-negara tetangganya. di samping itu, PKI masih merupakan kekuatan politik yang dekat dengan soekarno. soekarno sangat bangga dengan poros jakarta-peking membuat kepemimpinan politiknya diliputi dengan awan ideologi yangsangat kiri.

kondisi ini berbeda dengan keadaan di malaysia, singapura, thailand dan philipina yang tetap membina hubungan daik dengan negara-negara barat. malaysia dan singapura terkait dengan kerjasama keamanan dengan inggris bersama-sama dengan australia dan selandia baru. demikian pula thailand dan philipina yang memiliki hubungan sejarah panjang dengan amerika. negara-negara ini pada umumnya mendukung kebijakan amerika di vietnam selatan. sebaliknya, indonesia, khususnya sebelum kudeta PKI, dikenal cenderung ke blok komunis karena kedekatan soekarno dengan pimpinan cina dan uni soviet. persaingan ideologis antara amerika dan uni soviet dengan sendirinya mempengaruhi politik luar negeri masing-masing negara anggota ASEAN dan menempatkan indonesia sebagai negara yang terisolasi. tumbangnya kekuasaan soekarno dan munculnya soeharto sebagai pengganti mengurangi ketegangan hubungan di ASEAN karena sejak awal soeharto telah menekankan untuk menghentikan politik konfrontasi. berakhirnya konfromtasi secara perlahan menumbuhkan kembali kepercayaan negara tetangga terhadap indonesia dibawah kepemimpinan soeharto. pandangan pragmatis yang menjadi tulang punggung politik luar negeri soeharto secara bertahap membuka kembali peluang kerjasama yang sempat terhenti karena ketegangan regional yang diakibatkan oleh politik konfrontasi soekarno. berakhirnya konfrontasi indonesia-malaysia tahun 1966 merupakan salah satu motivasi pembentukan ASEAN pada tahun 1967. sementara itu ketidakpastian masa depan perang vietnam juga menjadi dorongan lain bagi negara-negara non-komunis untuk membentuk organisasi regional.

 
14 Komentar

Ditulis oleh pada 30 Maret 2009 in Tak Berkategori

 

Tag:

14 responses to “pembentukan ASEAN

  1. ferniwawanlhoresesekali

    19 Mei 2009 at 04:34

    tankyup

     
  2. erma

    19 Mei 2009 at 04:49

    tengkyu ya…ini sangat membantu ferniwawanlhoresesekali.

     
  3. cynthia

    17 Oktober 2009 at 11:54

    mkasih y mas niam,,,,,

     
  4. ADHA

    28 Januari 2010 at 11:19

    wahhh… mkasiih bgd ya…

    ne bisa bntu sya bwt presentasi mnggu dpan…

    thx..

     
  5. ulan

    3 Februari 2010 at 06:44

    trimakasih berkat kalian sy bs ngerjain tugas dr bi guru

     
    • kakniam

      12 Februari 2010 at 11:02

      sama2…
      semoga membantu…..

       
  6. zena tiffani

    24 Februari 2010 at 12:48

    thx bantuin ak untuk ngerjain pr ips ,yg buanyak ini hehhehe

     
    • kakniam

      28 Februari 2010 at 09:52

      sama-sama…
      semoga membantu….

       
  7. patricia

    20 Maret 2010 at 13:13

    terima kasih ya…..ini sangat membantu saya

     
  8. Vera

    6 April 2010 at 07:18

    tidak membantu sama sekali!!!!! jelek banget parah…. butut

     
    • kakniam

      21 April 2010 at 11:14

      hihi maapf…..

       
  9. Wahyudy

    18 Oktober 2010 at 14:52

    Senang bs membca karya tulis anda…

     
  10. tiara

    24 Oktober 2010 at 09:53

    niie bagus tuk belajar nax nax ,,,,

     
  11. dita

    6 April 2011 at 03:03

    Minta referensinya donk, thanks..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: